Sutina,S.Pd juara 1 lomba Video Pembelajaran Jarak Jauh HUT PGRI Kota Magelang

Rasa syukur tidak henti-hentinya dipanjatkan oleh keluarga besar TK Kemala Bhayangkari 82, meskipun berada di tengah pandemic covid-19 namun masih tetap bisa menunjukkan prestasi. Setelah dua bulan berselang saat keberhasilan Rakha kelas B2 TK Kemala Bhayangkari 82menjadi juara 1 dalam lomba mewarnai bersama MILKKU se kota Kabupaten Magelang wilayah Jawa dan Bali tepatnya di bulan Oktober maka di penghujung November guru TK Kemala Bhayangkari mempersembahkan prestasi. Guru berprestasi tersebut adalah Sutina,S.Pd guru kelas A3.

 Guru cantik ini biasa dipanggil Sutina,S.Pd lahir di Langsa Aceh pada tanggal 13 Juli tahun 1985. Sutina,S.Pd  mulai bertugas di TK Kemala bhayangkari 82 sejak 1 Juli 2005 tidak berhenti sampai saat ini. Status Guru Tetap Yayasan atau yang biasa di sebut guru honorer Yayasan tidak membuatnya patah semangat, pengabdian selama 15 tahun menguatkan hati Sutina,S.Pd untuk terus maju dan berkembang. Pantang menyerah dan tidak malu bertanya saat belajar adalah salah satu prinsip yang dia pegang, prinsip itu sangat bermanfaat pada saat peraturan baru Pembelajaran Jarak Jauh diterapkan oleh pemerintah. Kondisi darurat Covid_19 yang melanda seluruh dunia juga berimbas dengan peraturan dan kebijakan di dunia Pendidikan. Hal tersebut kami sikapi dengan berbagai macam cara untuk tetap melayani anak-anak didik TK Kemala Bhayangkari 82 dalam belajar. Sesuai arahan kepala sekolah, guru membuat video pembelajaran dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi potensi apa yang tersedia di rumah dan apa yang bisa disiapkan oleh guru untuk belajar di rumah. Sekolah bersama Yayasan memberi fasilitas untuk melaksanakan pembuatan video pembelajaran dan media pembelajarannya.

Pekerjaan guru semakin bertambah, melakukan video call grup melalui whatsaap grup, persiapan materi yang disajikan melalui video pembelajaran, pengiriman video pembelajaran harus tepat waktu, menerima hasil belajar anak melalui whatsapp grup setiap waktu dan mengapresiasi hasil belajar anak, memportofoliokan hasil kerja anak dan akhirnya  memberi penilaian dan mengevaluasi hasil belajar anak agar dapat melakukan perbaikan pada hari berikutnya. Segala jerih payah guru tetap akan mendapatkan hasil yang baik, kebiasaan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh menjadi modal utama dalam mengkuti lomba Pembuatan Video Pembelajaran Jarak Jauh yang diadakan oleh PGRI Kota Magelang dalam rangka HUT PGRI ke 75 pada tahun 2020 ini.

Berdasarkan surat undangan lomba  video PJJ dari Pengurus Kota Persatuan Guru Republik Indonesia Magelang Nomor : 102 /Um/KOT/XXII/2020 tanggal 13 Nopember 2020 yang ditujukan kepada Kepala Sekolah TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, kepala sekolah mengutus ibu Sutina,S.Pd untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut. Video pembelajaran yang sudah pernah dilaksanakan diproduksi ulang dan disusun menggunakan aplikasi filmora kemudian kami kirim ke panitia lomba melalui link yang disediakan.

Hasil penjurian ditetapkan pada tanggal 30 November 2020 dan diumumkan pada tanggal 1 Desember 2020. Sutina,S.Pd ditetapkan menjadi juara pada kegiatan lomba pembuatan video Pembelajaran Jarak Jauh tingkat Taman Kanak-kanak se kota Magelang. ( oleh Aminah P.)

Sutina,S.Pd menerima penghargaan dari ketua APKS PGRI kota Magelang Ibu Astri Wuragil,S.Com,M.Com
Sutina,S.Pd menerima pengahrgaan dari ketua APKS Ibu Astri Wuragil,S.Kom,M.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *